-->

Tips Cara Mudah Mengosongkan Memori Internal Smartphone Android Terbaru

hpk
Selamat datang di blog berbagi ilmu. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai masalah Memori Internal yang penuh, Memori internal pada smartphone atau pada laptop sekaligus mempunyai peranan yang sangat penting layaknya otak manusia, ia menjadi tempat segala macam document, berkas, foto, game, video bahkan musik dengan perwujudan virus. Pada dasarnya memori internal memiliki beragam macam penyimpanan di setiap smartphone namun batasan pada smartphone itu sendiri berbeda beda.

Saya pernah menggunakan smartphone J2 Prime dengan kapasitas penyimpanannya yakni 8 gb, penyimpanan memori internal pada J2 Prime tidak lah cukup bagi saya sendiri karena memori internal 8 gb tersebut telah dibagi-bagi pada sistem operasi android hingga hanya tersisa memori internal sebanyak 2 gb saja. Lalu bagaimana saya dapat memainkan game, menyimpan foto dan aktifitas lainnya? pasti tersendat.

Banyak smartphone pintar saat ini yang mampu merekam video dalam resolusi 4K dan hingga dapat memainkan game dengan grafis yang sangat tinggi. Tentunya anda juga harus mempersiapkan pundih-pundih rupiah agar menyesuaikan budget smartphone yang anda pilih, kebutuhan ruang penyimpananya juga akan semakin tinggi.

Cara Mengosongkan Memori Internal

1. Menghapus Aplikasi yang Tak begitu penting

Mengapa anda dianjurkan menghapus aplikasi yang tak begitu penting? pada dasarnya setiap aplikasi yang di instal membutuhkan wadah memori internal, cukup aplikasi yang tak begitu penting dalam aktifitas sehari-hari bolehlah anda singkirkan sementara. walaupun anda ingin mengunduh seluruh aplikasi. game, shopping namun apa daya ruang penyimpanan tidak dapat menampungnya.

Aplikasi yang berhasil kalian unduh akan menghasilkan data sistem di smartphone, hingga anda membuka aplikasi tersebut dan mengisikan berupa data-data didalamnya. Game Mobile Legend saja membutuhkan data yang harus kalian unduh didalam game hingga sampai 1 Gb, jika data tersebut tidak di unduh maka akan menyebabkan beberapa tampilan tidak akan terlihat (Kosong).

Memindahkan data permainan / aplikasi ke memori eksternal bisa meringankan beban penyimpanan internal. Dengan memanfaatkan memori eksternal yang tinggi kita dapat menyimpan berbagai macam aplikasi serta bisa menampung ratusan game sekaligus.

Berikut ini merupakan cara menghapus aplikasi melalui google playstore :
  1. Bukalah aplikasi Google Playstore anda.
  2. Kemudian pilih garis tiga di bagian pojok kiri atas (Tepat di sebelah kolom pencarian).
  3. Setelah di buka Pilih Aplikasi & Game.
  4. Silahkan Pilih Tab Terinstal.
  5. Lalu tentukan aplikasi mana yang ingin anda hapus.
  6. Kemudian terdapat dua pilihan yakni "Uinstal dan Buka"
  7. Pilih Uinstal untuk menghapus aplikasi.

Cara menghapus aplikasi

Masih ada cara lain yang lebih efektif tanpa membuka aplikasi googlbe playstore, dengan memanfaatkan manager aplikasi yang tersedia didalam pengaturan ponsel serta memudahkan pemantaun aplikasi yang memakan banyak penyimpanan.

2. Menghapus Foto Duplikat / Foto yang bersize besar

Foto akan dihasilkan setelah kita berhasil memotret, tak asing lagi bila kita menemukan foto diri kita, keluarga, gebetan didalam smartphone bagi pecinta fotografi. Berfoto atau memfoto diri sendiri bukanlah hal yang sulit di era teknologi saat ini, rata-rata smartphone era ini sudah dilengkapi dual camera bahkan empat camera sekaligus dengan fungsi yang berbeda pula.

Semua orang pasti menginginkan hasil jepretan foto dengan kualitas terbaik. setiap satu kali menjepret, ukuran foto akan langsung menghasilkan data. saya menggunakan smartphone vivo 1820 dengan ruang penyimpanan 32 gb, foto yang dihasilkan terbilang jernih namun setiap satu kali memotret dapat memakan ruang penyimpanan sebanyak 1mb hingga 5mb.

Satu kali memotret saja bisa menghasilkan byte-byte besar lalu bagaimana dengan orang yang gemar memotret?

Berikut ini merupakan cara menghapus foto yang berukuran besar :
  1. Bukalah pengelola file di smartphone.
  2. Carilah folder yang bernama DCIM.
  3. Kemudian tekan folder Camera.
  4. Setelah itu anda akan melihat list foto yang telah berhasil tersimpan ke dalam memori internal.
  5. Lalu tentukan foto mana yang hasil jepretannya tidak menarik dan jangan lupa melihat informasi mengenai ukuran foto tersebut.
  6. Hapus Foto.

Cara menghapus foto yang besar

Foto bisa berguna bagi diri kita serta berguna pada masa mendatang, bagaimanapun foto yang dihasilkan saya pribadi menyebut kata foto adalah document. Dengan menyimpan foto kita sudah membantu melihat perbedaan kita dimasa lampau dan bukan hanya dijadikan foto sepintas saja (Memotret foto lalu keesokan harinya dihapus).

Apa yang kalian ketahui tentang duplikat foto? saya pribadi menyebut arti duplikat sebagai foto yang banyak namun foto tersebut tidak ada bedanya dengan foto sebelumnya (Duplikat Foto : Background  tampilan dan byte tidak ada bedanya dengan foto asli). Foto duplikat bisa ditemukan dengan alat bantu aplikasi yang tersedia di playstore serta dapat mengikuti step dibawah ini.

Berikut ini merupakan cara menghapus foto duplikat
  1. Bukalah aplikasi google playstore anda.
  2. Kemudian carilah aplikasi bernama "Pembersih foto duplikat" dan unduh.
  3. Setelah itu bukalah aplikasi tersebut.
  4. Pindai Gambar Duplikat dan tunggu hingga beberapa saat.
  5. Anda akan melihat list foto dengan gambar yang sama dan ukuran tidak berubah (Sama).
  6. Biarkan foto yang belum tercentang itu dan jangan di centang foto bagian atas di setiap kelompok.
  7. Pilih button Hapus Sekarang lalu Konfirmasi.


Bagaimana step diatas? semoga di mengerti oleh pengunjung semuanya, step diatas dapat mengurangi memori internal yang penuh sekaligus menyalurkan ilmu pada pengunjung.

3. Membersihkan data penyimpanan Youtube

Pernahkan kalian memikirkan bahwa aplikasi youtube juga bisa menghabiskan ruang penyimpanan internal, tanpa disadari pula kita menonton youtube hingga berhari-hari hingga mengunduh beberapa video untuk di tonton dikemudian hari. Ruang penyimpanan penuh juga dapat menghambat laju sistem operasi pada android itu sendiri.

Bahkan saat ini banyak orang lebih menyukai menonton Youtube ketimbang menyaksikan acara TV dengan alasan agar bisa menonton video secara berulang-ulang serta dapat menonton video siaran ulang acara televisi.

Bersukurlah anda semua yang masih mempunyai akses Wifi secara gratis maupun berbayar untuk dimanfaatkan suatu hal positif bagi kehidupan sehari-hari.

Berikut ini cara menghapus data aplikasi di pengaturan :
  1. Bukalah pengaturan pada smartphone android anda.
  2. Lalu pilih pengaturan lainnya.
  3. Setelah membuka menu pengaturan lainnya anda bisa memilih menu pengelola aplikasi.
  4. List aplikasi sistem dan hasil unduhan, akan di tampilkan pada menu pengelola aplikasi.
  5. Pilih aplikasi Youtube / Google Chrome.
  6. Hapus data (Hapus Data : Dapat menghapus data aplikasi serta membersihkan cache pada aplikasi tersebut).

cara menghapus data aplikasi di pengaturan


Mengapa saya menyebutkan di nomer 5 bahwa aplikasi google chrome direkomendasikan untuk di hapus datanya? yap, aplikasi google chrome terkenal dengan aplikasi yang sering menghabiskan ruang penyimpanan. Banyak faktor yang mempengaruhi aplikasi browser chrome penyebab utamanya yakni admin sering memperbarui aplikasi google chrome.

Demikianlah artikel ini dapat bermanfaat bagi banyak orang, artikel ini dibuat berdasarkan pemikiran pribadi saya sendiri dan menurut saya sudah teruji untuk mengosongkan memori internal di semua hp android.
the cheapest car insurance cost of car insurance best car insurance quotes insurance auto insurance quotes car get car insurance quotes online car insurance agent instant car insurance quote car insurance websites direct car insurance insure a car motor car insurance quote cheap car insurance online quotes for car insurance car insurers commercial car insurance motor insurance quote car insurance quotes online get a quote online international health insurance compare car insurance quotes insurance for car compare car insurance car insurance buy life insurance online compare auto insurance international medical insurance general car insurance cheap motor insurance low car insurance car insurance comparison company car insurance budget car insurance private health insurance online quote car insurance cheap motor car insurance car insurance for new drivers cheap car insurance quotes online online car insurance quotes get car insurance quotes car insurance quotes comparison motor car insurance car insurance quotes car insurance cheap comprehensive car insurance best auto insurance short term health insurance motor insurance cheap online car insurance online motor insurance quotes car insurance california buycarinsurance online vehicle insurance free car insurance quotes landlord insurance health insurance for children motorbike insurance monthly car insurance car insurance usa car insurance reviews car insurance renewal quotes vehicle insurance health insurance rates term life insurance quotes vehicle insurance quotes car insurance compare motor vehicle insurance best car insurance motor insurance online quote car insurance online quote life insurance online supplemental health insurance best car insurance rates car insurance discounts motor vehicle insurance quotes auto insurance cheap travel insurance bike insurance travel medical insurance buy car insurance online online motor insurance travel insurance quote get a quote for car insurance health insurance agent car insurance companies cheap car insurance companies travel insurance annual travel insurance commercial vehicle insurance permanent life insurance medical insurance quotes online car insurance cheap car insurance quotes car insurance online quote insurance online level term life insurance health insurance comparison how much is car insurance travel health insurance pet health insurance quotes on cars health ins travel insurance uk quote for car insurance get insurance quote online disability insurance quote temporary health insurance temporary insurance rental car insurance cheap health insurance auto insurance compare third party car insurance buy health insurance auto insurance quotes cheap insurance companies best term life insurance personal health insurance online quote insurance car insurance premium health insurance policies quotes for cars whole life insurance credit insurance cheap van insurance cheap term life insurance cheap motorcycle insurance compare life insurance car insurance cover health insurance motorcycle insurance short term car insurance health insurance coverage insurance qoute cheap life insurance house insurance quote car insurance uk health insurance companies cigna health insurance cheap insurance cheap car insurance uk compare health insurance car insurance for young drivers short term insurance online health insurance caravan insurance life insurance comparison direct insurance health insurance plans motor insurance online car insurance estimator accident insurance home insurance quotes nj car insurance new car insurance private medical insurance home insurance car insurance brokers car insurance rates commercial insurance health insurance quotes motor insurance companies which car insurance car quotes online online auto insurance flood insurance cheap auto insurance quotes car insurance agencies business health insurance term life insurance truck insurance professional indemnity insurance life insurance car insurance policy long term care insurance drive insurance buy insurance car ins motorcycle insurance quote critical illness insurance term insurance student health insurance home insurance comparison insurance rates insurance cover holiday insurance insurance sites online vehicle insurance quotes company website home insurance rates compare insurance buy insurance online affordable medical insurance car insurance coverage product liability insurance home contents insurance buy life insurance renters insurance group health insurance family health insurance motor insurance quote online mortgage insurance best home insurance personal insurance medical insurance property insurance life insurance agent group insurance aetna health insurance cheap medical insurance liability insurance rental insurance life insurance policy group life insurance general liability insurance insurance quotes online all car insurance companies best health insurance insurance plans life insurance for seniors van insurance website quote universal life insurance building insurance co insurance insurance car car insurance prices disability insurance insurance vehicle cheap vehicle insurance senior life insurance medical insurance plans insurance health house insurance life insurance quotes car quotes cheap home insurance

0 Response to "Tips Cara Mudah Mengosongkan Memori Internal Smartphone Android Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close